Dec
4th

Memiliki lahan sempit bukan berarti menghentikan daya kreatifitas untuk mendekorasi sekaligus menatanya agar tampak lebih lapang. Dibalik itu justru tercipta satu tantangan baru bagaimana membuat kesan luas sekaligus mengoptimalkan fungsi ruang. Dengan mengetahui teknik yang tepat, Anda dapat menjadikan rumah yang mungil menjadi istana yang nyaman dan luas. Berikut ini Tips mendekorasi ruang mungil dan terbatas:

1. Pergunakan cermin-cermin yang besar. Cermin adalah salah satu alat yang tepat untuk mendekorasi ruangan mungil. Ilusi yang ditimbulkan dari sebuah cermin membuat ruangan menjadi lebih besar dari sesungguhnya. Pantulan bayangannya memberikan ilusi ruang pada cermin itu sendiri, sehingga seakan-akan ada tambahan ruang dibalik cermit itu. Cermin berbentuk kotak seringkali dipergunakan untuk menciptakan dekorasi rumah dengan ruang terbatas. Sandarkan pada tembok untuk memantulkan cahaya alami dari luar jendela ataupun dari cahaya lampu ruangan.

2. Bila memungkinkan warnai ruangan mungil Andan dengan warna-warna ringan untuk menciptakan daya tarik tersendiri. Warna-warna pastel sangat efektif untuk menciptakan penataan yang benuansa penuh kedamaian karena warna-warna ini meningkatkan intensitas cahaya dalam rumah. Hindari penggunaan warna-warna gelap yang membuat ruangan lebih kecil dari yang sesungguhnya. Tak perlu mewarnai langit-langit dengan warna yang sama dengan dinding. Warna langit-langit yang lebih cerah seperti warna putih akan sangat membantu memantulkan cahaya lampu.

3. Latakkan sesuatu yang spesial di dalam tiap ruangan, tak peduli seberapa kecilnya benda itu. Pemanis ruangan ini selalu digunakan untuk menghias ruangan, tak hanya ruangan yang besar. Namun anda perlu cermati pula dalam memilih hiasan yang tepat. Tidak perlu jumlah yang banyak dan pilihlah yang tidak terlalu besar.

4. Pilihlah perabot-perabot yang dapat berfungsi ganda, sehingga jumlah perabot yang terdapat dalam ruangan juga tidak terlalu banyak. Bila terlalu banyak dan penempatannya kuran serasi, ruangan anda akan terlihat lebih kecil daripada yang sebenarnya. Ruangan yang kecil didekorasi dengan tujuan untuk menciptakan ruangan yang bersih dan terkesa lebih luas. Pergunakan perabot dalam jumlah minimal dan pilihlh perabot yang fungsional yang tak hanya terlihat indah semata.

5. Singkirkan benda-benda yang tidak Anda perlukan dari ruangan Anda. Demikian dengan perabot-perabot yang tidak Anda sukai.

6. Minimalisasi Sekat Ruang. Usahakan untuk lebih meminimalkan sekat-sekat permanen pada ruang. Karena sekat-sekat ruangan akan membuat rumah mungil Anda semakin kecil dan sesak. Sebaliknya pilihlah sekat ruangan setengah dinding, sekat ruangan transparan -dari material kaca yang didekorasi menggunakan sandblast- atau permainan lantai saja untuk membedakan fungsi masing-masing ruang.



Related Post


  • Tips Merancang Pencahayaan Kamar Anak
  • Tips Jitu Menata Furniture & Interior Apartemen
  • Tips Memilih Alas Kaki Wanita Nyaman Bebas Pegal
  • Tips Hemat Ruang Untuk Menyimpan Koleksi Buku
  • Tips Tepat Membeli Sofa

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner