Seiring dengan meningkatnya aktivitas fisik, kelenjar keringat pun mejadi lebih aktif. Itulah mengapa, sekalipun anak sudah mandi bersih, akan tetapi bila kembali melakukan beragam kegiatan fisik yang “menguras” keringat otomatis kelenjar keringatnya akan aktif kembali. Perlu diketahui sebenarnya keringat tidak berbau, namun bakterilah yana menjadi pemicunya. Salah satu bagina tubuh yang menjadi tempat terdapatnya kuma-kuman adalah kulit. Bila kelenjar aktif, maka lapisan kulit paling luar (lapisan tanduk) jadi lembab atau basah. Pada saat seperti inilah kuman-kuman yang berada pada lapisan paling luar kulit akan memecah lemak kulit, hingga muncul bau yang khas. Bau badan juga bisa muncul karena pola makan atau kebiasaan makanan yang mengandung bawang putih atau kari. Berikut ini tips efektif dalam mengatasi bau badan pada anak:

1. Jika tubuh anak berkeringat, segera lap dan ganti bajunya. Conoth, sehabis bermain di luar dan berpanas-panasan, segera ganti baju anak yang basah karena keringat.

2. Penggunaan sabut mandi jenis anti septik dapat membantu. Tapi sebelumnya orang tua harus tau apakah anak berbakat alergi (atopik) atau tidak. Orang-orang yang atopik sering kali mudah teriritasi dan salah satu cirinya adalah cenderung berkeringat lebih banyak. Atopik merupakan “bakat” yang diturunakan, berupa kecenderungan untuk bereaksi berlebihan terhadap alergen umum, termasuk keringatnya sendiri. Bila kulit anak tidak alergi atau sensitif, produk-produk pembersih khusus anak yang mengandung pewangi boleh dipergunakan.

3. Pada anak gemuk, lipatan-lipatan kulitnya lebih tebal dan tersembunyi, oleh sebab itu pembersihan saat mandi juga harus lebih teliti dan seksama.

4. Jangan terlalu sering memberikan asupan makanan dengan bumbu-bumbu keras dan berbau seprti bawang, makanan bersantan, atau kari dengan bumbu menyengat.

5. Karena kita tinggal di negara tropis dan anak banyak beraktifitas, maka hindari memakaikan baju tebal. Baju dan celana katun yang menyerap keringat merupakan pilihan yang lebih baik.



Related Post


  • Tips Efektif Atasi Anak/Balita Susah Makan
  • Tips Mengatasi Demam Pada Anak
  • Tips Mencegah/Mengatasi Keracunan Pada Anak
  • Tips Efektif Memberi Pendidikan Seks Pada Anak
  • Tips Efektif Mendorong Anak Agar Senang Membaca

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner