Oct
20th

Walaupun Romeo pernah mengatakan, “What is a name?” kepada Juliet, namun bagi kita orang timur, nama merupakan segalanya buat seseorang. Nama seorang anak terkadang merupakan doa orang tua atau harapan orang tua terhadap anaknya kelak di kemudian hari. Untuk itu pemberian nama terhadap bayi/anak anda, sebaiknya dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Berikut ini tips dalam memberi nama bayi/anak anda:

1. Menentukan Tema. Sebelum memulai pencarian kata dan makna kata untuk bayi Anda, alangkah baiknya kalau anda terlebih dahulu merumuskan bersama dengan istri/suami anda, konsep penamaan bagi bayi anda, apakah barat, islami atau tradisional. Namun, sebagaian orang tua melakukan kombinasi diantaranya, hal ini tidak menjadi soal asalkan konsisten dan bermakna positif. Misalnya Dhania (ibrani) Anindyaswari Puspitaningtyas (Jawa Kawi), yang artinya seorang perempuan yang memiliki hati bening dan seharum bunga-bunga di taman

2. Terdengar Indah. Tidak hanya bagus dalam arti, sabaiknya bagus pula bila diperdengarkan. Namun jangan sebaliknya, bagus diperdengarkan namun kurang tepat dalam maknanya, seperti kata “Mahesa” yang berarti “sapi“.

3. Memiliki Arti Positif. Selain terdengar indah, seperti disebutkan di atas bahwa nama anak merupakan doa, untuk itu sebaiknya nama anak memiliki arti yang positif diliat dari berbagai sudut pandang dan tidak memiliki dualisme makna. Misalnya penggunaan kata “Nara” dalam bahasa sansekerta berarti “Anak Lelaki” namun dalam Islam dapat berarti “Neraka” (Naar). Hal ini akan menimbulkan perasaan tidak nyaman di kemudian hari bagi si kecil

4. Mudah Diucapkan. Disamping bermakna positif, terdengar indah juga hendaknya mudah apabila diucapkan sehingga mudah dihafal dan dikenang. Misalnya nama-nama seperti Vigneshvara atau Solskjaer sedikit banyak akan menyulitkan lidah kita sebagai orang timur untuk mengucapkannya.

5. Mudah Dipanggil. Kemudahan pemanggilan terkait dengan pemenggalan suku kata nama bayi/anak anda. Apabila tidak memungkinkan dalam hal pemenggalan namun anda telah telanjur suka dengan nama tersebut maka carilah kata penggilan sayang yang mewakili nama bayi anda seperti misalnya: Billy untuk William, Andy untuk Andrew, Didit untuk Raditya, Lala untuk Aquila dan sebagainya

6. Sesuai Jenis Kelamin. Nama yang baik adalah nama yangdapat mencerminkan jenis kelamin dari si empunya. Misalnya nama Nareshwara, Caroline, Ramadhani adalah nama-nama yang mencerminkan anak perempuan sedangkan nama Muhammad, Nurendra, Nicholas adalah nama-nama yang mencerminkan anak lelaki. Hindari nama-nama yang berlawanan dengan jenis kelaminnya apalagi bermakna ambigue, karena hal ini seringkali dapat menbuat si anak menjadi bahan ejekan teman-tamannya.

7. Jangan Terlalu Panjang. Penyusunan rangkaian kata hendaknya tidak terlalu panjang. Usahakan maksimum 3 suku kata penyusun, misalnya Pradipta Nala Adicandra ( Seseorang laki-laki dengan hati yang bercahaya)atau Muhammad Abian Fahreza (), untuk menghindari kesan muluk-muluk dan tidak membumi.

8. Hindari Pemberian Nama Yang Bukan Sewajarnya. Yang perlu Anda hindari dalam pemberian nama untuk si kecil adalah penggunaan nama salah seorang pesohor () karena kesan negatif yang mungkin muncul akan melekat pada si kecil serta nama malaikat (Jibril, Munkar, dsb) dan nama-nama menggunakan “Maha” karena nama-nama tersebut bukan untuk manusia.“Maha” hanya dimiliki oleh Allah semata.

9. Gagasan Nama Bayi. Kosakata nama bayi/anak anda bisa anda peroleh melalui berbagai sumber, seperti kamus jawa kawi, kamus sansekerta, kamus india (www.sabdakos.com), pengumuman penerimaan mahasiwa di koran dan sebagainya. Bisa juga gabungan dari nama anda berdua seperti misalnya nama “Ardhanu” yang merupakan gabungan nama orang tua yaitu Arum dan Wisnu



Related Post


  • Tips Cepat Mengingat Nama
  • Tips Etika Bertemu Dengan Klien/Kolega Anda
  • Tips Membuat Nama Sayang Untuk Pacar
  • Tips Efektif Bertelepon Bisnis
  • Tips Efektif Menyusun Online Resume/CV

  • Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari Tipsanda.com?
    Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

    Delivered by FeedBurner